CRIMPER,KABEL,CONECTOR,TESTER

TANG CRIMPER
Sebuah tang utp/ Crimping tool yang di desain khusus digunakan untuk memasang konektor RJ-45 pada kabel UTP sehingga menjadi sebuah kabel jaringan yang siap pakai. Alat ini juga mendukung pemasangan kabel telepon PSTN konektor 6-pin RJ-11.









KABEL UTP
Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori 5. Untuk jaringan komputer yang terkenal adalah kategori 3 dan kategori 5







CONE
CTOR ( RJ-45 )
Konektor Rj 45 ini terbagi 2 macam pemasangan, straight dan cross......! Bagaimna cara pemasangan nya ( untuk straight dan cross) ?? Buka ajah di artikel kabel UTP di link saya. Konektor di perlukan untuk menghubungkan kabel UTP dan Ethernet.






TESTER
Supaya anda yakin bahwa pemasangan kabel ke konektor sudah ok lebih baik kalau anda juga memiliki cable tester seperti berikut ini. Perbedaan diatara dua testerdibawah ini adalah yang satu memakai satu led untuk satu pair sementara yang satu lagi satu led untuk satu kabel. Untuk pemula lebih mudah untuk mempergunakan yang type satu led per kabel karena anda tidak akan dibuat pusing . Kemudian tester yang lebih kecil adalah remote cable tester yang dipakai apabila kabel yang di test panjang dan kedua ujung nya tidak berdekatan (misalnya ada diruangan yang berbeda). Cara penggunaannya adalah dengan memasang ujung kabel yang satu ke TX di cable tester yang besar kemudian set auto, kemudian di ujung yang lain kita pasang remote cable tester. Setelah itu anda cukup melihat remote cable tester saja. Apabila menyala berarti kabel terkoneksi dengan baik sementara apabila mati berarti kabel terputus.

Ini semua yang digunakan untuk memasang komponen untuk kabel UTP !
" kalau masih ada yg kurang boleh di komentarin....hehehehe !





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat anda tentang LINK ini ?